Kamis, 24 November 2011

TIPS MENCEGAH KANGKER SERVIKS (Kangker Leher Rahim)


Mencegah Kanker Serviks (Kanker Leher Rahim). Kanker serviks adalah kanker yang terjadi pada area leher rahim. Setiap wanita pasti tidak ingin terkena penyakit Kanker Leher Rahim (Serviks). Penyebab Kanker Serviks adalah sejenis virus yang dinamakan Human Papiloma Virus (HPV) yang ditularkan melalui hubungan seksual.

Kankes serviks menduduki peringkat pertama dari semua kanker yang menyerang wanita –kebanyakan di negara-negara berkembang. Setiap tahunnya ada sekitar 600.000 kasus baru dan 300.000 kematian akibat kanker serviks. Hampir 80% kasus ini terjadi di Negara berkembang. Kanker serviks menempati posisi kedua kanker yang diderita wanita, dan menempati urutan pertama di Negara berkembang.

Namun, kabar baiknya, tidak seperti penyakit kanker yang lain, kanker serviks dapat dicegah karena memiliki masa preinvasif (sebelum ganas) yang lama, pemeriksaan sitologi (sel) untuk mendeteksi dini kanker serviks sudah tersedia, terapi bibit keganasan (lesi perinvasif) cukup efektif.

Berikut beberapa Tips mencegah Kanker Serviks :

* Deteksi Dini.
Lakukan pemerksaan screening secara teratur 1 tahun sekali untuk mengetahui lesi pre-kanker. Dengan ditemukan gejala awal tersebut, kanker bisa segera diterapi. Jika masih stadium awal, kanker bisa disembuhkan total.

* Mengganti Pakaian Dalam Teratur.
Jangan segan mengganti pakaian dalam dengan yang bersih dan kering, minimal 2 kali sehari.

* Selalu Kering.
Keringkan area kelaminmu setiap setelah buang air kecil.

* Mengganti Pembalut.
Biasakan mengganti pembalut, minimal 2 kali sehari.

* Diet Makanan.
Hindari konsumsi makanan yang meningkatkan produksi lender, seperti nanas, timun dan kol.

* Jaga Vagina Anda.
Jangan memegang vagina dengan kuku yang kotor.

* Tidak Melakukan Seks Bebas.
Hindari prilaku seks bebas karena seks bebas merupakan media penularan segala jenis penyakit kelamin yang sangat efektif.

Dengan mengetahui Penyebab Kanker Serviks dan juga Tips Mencegah Kanker Serviks diatas, semoga bisa bermanfaat dan menjauhkan anda dari penyakit pembunuh Kanker leher rahim (serviks).

Reaksi: