Jumat, 02 Desember 2011

Minuman untuk yang Berdiet

Untuk menjaga kesehatan maupun bobot tubuh, diet menjadi salah satu langkah yang kerap dilakukan. Demi mendapat manfaat yang optimal, diet tidak semata mengatur asupan makanan, tetapi juga minuman. Berikut ini adalah jenis-jenis minuman yang dapat dikonsumsi danyang sebaiknya dihindari.

1. Jus buah. Selain segar dan bervitamin, jus buah-buahan adalah jenis minuman yang baik untuk mendukung program diet yang dilakukan. Pilihlah buah yang Anda suka untuk dikonsumsi atau bila perlu bisa dikombinasikan dengan beberapa sayuran untuk mendapatkan gizi dan vitamin tambahan bagi tubuh. Berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi untuk mengetahui buah mana yang baik dan berapa jumlah yang dapat dikonsumsi, mengingat dalam diet Anda harus menghitung kalori, karbohidrat, dan protein yang masuk dalam tubuh.

2. Susu. Tanyakan pada dokter, susu yang tepat bagi Anda. Misalnya, apakah perlu mengonsumsi susu rendah lemak atau tidak, dan berapa banyak yang bisa diminum setiap hari.

3. Air. Air tanpa campuran apa-apa atau biasa disebut "air putih" adalah minuman yang paling baik untuk dikonsumsi bagi siapa pun. Selain menghilangkan dahaga, air putih juga dipercaya mampu merontokkan racun dalam tubuh dan membawanya keluar bersama air seni. Minumlah air putih paling tidak 2 liter atau delapan gelas setiap harinya.

4. Teh hijau. Teh hijau merupakan minuman yang akrab dengan para diet. Kemampuannya memberi kesegaran bagi tubuh serta dipercaya memperbaiki sistem metabolisme tubuh, proses pencernaan, dan mengikat lemak, menjadi alasan mengapa teh hijau banyak dikonsumsi saat diet.

Untuk hasil diet yang maksimal, sebaiknya hindari mengonsumsi minuman bersoda, kopi, atau minuman beralkohol. Dianjurkan pula untuk menggunakan gula rendah kalori saat hendak memberikan rasa manis dalam minuman Anda.