Rabu, 23 November 2011

Teori dan Makna Yin dan Yang



Diagram yang pernah ditemukan disalah satu kuburan kuno Fu Yi di propinsi He Nan, Gambar ini menerangkan secara gamblang bahwa didalam alam raya dan sosial ini, selalu ada dua sisi yang berbeda, yaitu terdiri dari dua kutub yon (hitam, gelap) dan yang (putih, terang), mereka berlawanan, namun bersatu bulat. Kedua area bidang yang hitam dan putih ini digambar persis sama besarnya, ini menunjukkan sudah tercapai harmoni. Kedua bidang hitam dan putih ini, digambar secara bulat simetris, namun simetris ini tidak statis, keduanya bekesinambungan secara kuat dinamis. Di samping itu setiap bidang ada satu titik yang masing-masing juga berwarna hitam dan putih. Kedua titik tersebut menjelaskan bahwa tidak ada yang mutlak di dunia ini, 100% hitam atau putih, semuanya relatif, sesuai denan teori Relativity Einstein. Misalnya di dalam diri orang sesuci (putih) apapun masih ada sebutir titik "hitam"nya. Sebaliknya orang yang sejahat (hitam) apapun, di dalam dirinya masih ada sebutir titik "putih" nya. Dengan demikian, tidak ada yang 100% sempurna di dunia ini, semuanya relatif. Ada untung ada rugi, ada medapat ada kehilangan. Ada keberhasilan ada kegagalan. Ada benar ada salah. Ada suka ada duka dan seterusnya.

Dalam ilmu Akupunktur, teori Yin dan Yang adalah dua karakter yang ada di alam semesta ini yang memiliki dua muka (positif dan negatif) yang saling bertentangan, saling bergantung, saling tarik menarik, saling bertransformasi, membentuk kesatuan, pasang surut dan relatif (tidak mutlak).Sesuai konsep holistic, Yin Yang tubuh manusia dipengaruhi oleh Yin Yang alam semesta ini. Jadi untuk mempertahankan keseimbangannya manusia harus menyelaraskan/menyesuaikan dengan keadaan lingkungan dimana ia tinggal. Dalam Yin selalu ada Yang dan dalam Yang selalu ada Yin.

Contoh Karakter Yin Yang :
Yin : Air, dingin, Malam, Gelap, Utara, Istirahat, Pasif, Lapar, Kurus, Bawah, Gelap, Sedih, Miskin, Kurang/hipo.
Yang : Api, Panas, Siang, Selatan, Terang, Bekerja, Aktif, Gemuk, Kenyang, Kaya, Gembira, Hiper/Berlebihan.

Contoh Yin Yang dalam Meridian :
Yin : Paru-paru, Perikardium, Jantung, Limpa, Lever, Ginjal
Yang : Usus Besar, Sanciao, Usus Kecil, Lambung, Kd. Empedu, Kd. Kemih

Contoh Yin Yang dalam tubuh manusia :
Yin : Bagian dada, Perut, Tubuh bagian bawah, Organ Cang, Sie, Li
Yang : Punggung, bokong, Tubuh bagian atas, Organ Fu, Ci, Piao

Contoh Yin Yang dalam kondisi penyakit:
Yin : Kronis, Diam, Dingin, Lembab, Regresif
Yang : Akut, Gelisah, Panas, Kering, Progresif

Contoh Yin Yang dalam organ tubuh manusia :
Yin : Paru-paru, Limpa, Jantung, Perikardium, Hati, Ginjal
Yang : Usus Besar, Usus Kecil, Kandung kemih, Kandung Empedu, Lambung, Sanjiao
Bila kita bicara tentang ORGAN CANG dengan fungsinya yang khusus, yaitu membuat dan menyimpan zat-zat pokok dan energi vital tergolong ORGAN YIN.

ORGAN FU fung meneruskannya lagi ke organ Fu lain untuk diolah lebih lanjut, tergolong dalam ORGAN YANG.

Meridian yang bersifat Yin meridian berakhir pada organ yang bersangkutan. Misalnya Organ Limpa, diawali dari ujung ibu jari kaki bagian luar dan berakhir pada titik di depan organ Limpa.

Meridian yang bersifat Yang jalur meridian akan mencapai kepala. Seperti meridian Lambung, berawal dari bawah mata dan berakhir di ujung jari manis kaki.

Masing-masing organ Cang Fu memiliki sifat Yin dan Yang. Misalnya organ ginjal memiliki sifat Yin ginjal dan memiliki juga sifat Yang. Demikian juga dengan organ limpa, lambung dan organ-organ lainnya.

6 Kondisi Keseimbangan Yin Yang

-Yin dan Yang seimbang/normal
-Yang Ekses (kelebihan Yang)
-Yin Ekses (kelebihan Yin)
-Yin Defisiensi (kekurangan Yin)
-Yang Defisiensi (kekurangan Yang)
-Yin Yang Defisiensi (Kepunahan)

-Jika kondisi pasien Yin dilakukan terapi Yang
-Jika kondisi pasien Yang dilakukan terapi Yin
-Jika kondisi pasien Defisiensi dilakukan terapi Penguatan/Tonifikasi
-Jika kondisi pasien Ekses dilakukan terapi Pelemahan/Sedasi
-Jika kondisi pasien Dingin dilakukan terapi Pemanasan/Moksibasi
-Jika kondisi pasien Panas dilakukan terapi Pendinginan

Fungsi Teori Yin Yang :
Merupakan bidang mendiagnosa suatu penyakit yang diderita oleh pasien, adalah 2 bidang diagnosa dari 8 dasar diagnosa terhadap penyakit.
Merupakan bidang penentuan terapi,

Reaksi: